Terkini

BPBD, Damkar dan PMI Gelar Sosialisasi Tanggap Bencana

BLORAPEDIA.ID – Bencana merupakan sebuah hal yang tak diduga-duga. Kesiapan dan kesigapan untuk menghadapinya harus terus dilakukan. Sosialisasi penerapan Pendidikan Penguatan Karakter (PPK) terintegrasi satuan pendidikan aman bencana adalah upaya menjadikana sekolah tanggap bencana.

PPK ini yang dihadiri BPBD, Damkar dan PMI Kabupaten Blora. Bertempat di halaman sekolah SMK Bhakti Husada PGRI Kabupaten Blora pada Senin 18/11/2019. Diikuti oleh semua siswa mulai kelas 10, 11 dan 12 yang berjumlah 500 siswa. Para siswa mengikuti acara tersebut dengan antusias.

Kepala sekolah SMK Bhakti Husada PGRI Kabupaten Blora Sunardi SPD.MSi mengucapkan ” dengan adanya kegiatan seperti ini supaya siswa siswi bisa kreatif, tanggap situasi dan peduli lingkungan,” ucapnya.

Hanung, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Blora mengatakan ” simulasi sekolah tanggap bencana diharapkan bisa melakukan evakuasi secara mandiri. Yang diharapkan bisa dilakukan setiap tahun dengan renkon yang berbeda. Dan harus dibentuk struktur organisasi satgas tanggap darurat bencana, yang bisa diharapkan bisa menangani SAR evakuasi, pertolongan darurat, pendataan korban (termasuk sektor keamanan) dan baru pelaporan ke BPBD,” tandasnya.

Dengan demikian acara simulasi sekolah tanggap bencana ini bisa memupuk generasi muda untuk ikut andil dan tanggap lingkungan untuk kepentingan bersama. Bisa saling tolong menolong kepada sesama bila mana terjadi suatu bencana.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close