Terkini

Calon Perseorangan Harus Kantongi Dukungan 53.021 Pemilih

Jumlah itu harus tersebar minimal 50 persen kecamatan yang ada baru bisa mengikuti Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora 2020

BLORAPEDIA.ID – Kabupaten Blora menjadi salah satu wilayah yang akan mengikuti Pilkada Serengak 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora telah menetapkan jumlah minimal dukungan untuk bisa maju sebagai calon perseorangan sebanyak 53.021 pemilih.

Jumlah itu harus tersebar minimal 50 persen kecamatan yang ada baru bisa mengikuti Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora 2020.

‘’Kami sudah menetapkan jumlah minimal dukungan persyaratan dan persebaran paslon perseorangan dalam rapat pleno KPU Blora, pekan lalu,’’ kata Mohammad Khamdun selaku Ketua KPU Blora, Senin (28/1022019).

Dia menjelaskan bahwa penetapan syarat calon perseorangan adalah kewajiban KPU di masing masing Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020. Hal itu berdasarkan amanah PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

‘’Dari jumlah itu akhirnya didapat syarat jumlah dukungan calon perseorangan minimal sebanyak 53.021 pemilih yang tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan di Blora yakni sembilan kecamatan,’’ imbuh Khamdun.

Penyerahan berkas bagi paslon bakal calon perseorangan oleh calon Bupati dan Wakil Bupati Blora 2020 akan dimulai 11 Desember 2019 hingga Maret 2020.

‘’Dukungan tertuju pada pasangan calon perseorang, bukan satu persatu calon bupati atau calon wakil bupati,’’ katanya.

Jika syarat dukungan itu telah diserahkan ke KPU, KPU selanjutnya akan melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. ‘’Jadi, bukan sampel dukungan. Melainkan dicek semuanya,’’ tegasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close