Terkini

Desa Anti Politik Uang, Langkah Sigap Bawaslu Blora Hadapi Pilkada 2020

Deklarasi Desa APU harapan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan.

BLORAPEDIA.ID – Sambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blora merintis pembentukan Desa Anti Politik Uang (APU). Desa APU ini merupakan upaya pencegahan dan meminimalisir terjadinya politik uang dan menjaga demokrasi yang sehat.

Anny Aisyah selaku Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubla Bawaslu Blora menyampaikan telah bergerak sajak awal bulan ini dengan melakukan road show sosialisasi pembentukan Desa APU.

“Di awal November 2019 ini, kami telah melakukan road show sosialisasi pembentukan Desa APU, sosialisasi tolak politik uang menjadi pemanasan pengawasan Bawaslu di Tahapan awal Pilkada 2020,” Kata Anny pada Senin (4/11/2019).

Kegiatan sosialisasi pembentukan Desa APU sebelumnya diawali dengan pertemuan dan sosialisasi sebanyak empat sampai lima kali pertemuan yang melibatkan beberapa unsur tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda-karang taruna, dan ibu-ibu kelompok PKK serta posyandu setempat. Semua elemen digandeng dalam uapaya mensukseskan kegiatan dan membuahkan hasil maksimal.

Secara umum forum yang dikemas dengan diskusi dan tanya jawab, lanjutnya, semua warga diberikan kesempatan yang sama untuk menyampaikan gagasannya memerangi politik uang. Harapannya Pemilu maupun pemilihan di Kabupaten Blora berjalan bersih, berintegritas dan bermartabat.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Blora, Andyka Fuad Ibrahim menambahkan Bawaslu Blora akan melaksanakan lounching deklarasi Desa APU ketiak sosiali sasi sudah usai digelar.

“Dalam minggu ini, Bawaslu Blora bersama masyarakat 3 Desa (Jiworejo, Mojorembun dan Temulus) akan segera deklarasi Desa APU. Dalam deklarasi nantinya akan ditandai dengan pendirian prasasti berupa plakat Desa APU di beberapa tempat strategis di Desa tersebut,” terang Andyka.

Deklarasi Desa APU kali ini merupakan program berkelanjutan yang dilaksanakan Bawaslu dengan melakukan pembinaan secara rutin kepada masyarakat Blora dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan.

Di tahun 2020, Bawaslu Blora akan membentuk Desa APU di 16 Kecamatan se-Kabupaten Blora. Program Desa APU (Anti Politik Uang) adalah salah satu skala prioritas Bawaslu dalam upaya pencegahan dan pengawasan di Pilkada 2020.

Sekedar informasi, berikut desa-desa yang rencana dijadikan Desa APU oleh bawaslu yaitu Desa Jiworejo Kecamatan Jiken, Desa Mojorembun Kradenan dan Desa Temulus Kecamatan Randublatung.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close