Kuliner

Es Jati, Minuman Khas Asli Blora

BLORAPEDIA.ID, Blora – Bicara tentang minuman ada yang unik dari Kabupaten yang memiliki hutan jati dengan kualitas nomor wahid ini. Sesuai dengan nama khasnya sebagai penghasil kayu jati terbaik, Blora juga mempunyai minuman khas yaitu Es Jati Khas Blora.Jangan berpandangan bahwa kayu jati tersebut dibuat es ya, bakalan salah besar tuh. Es jati khas kota Blora ini terbuat dari daun jati pilihan. Karena tidak semua daun jati dapat digunakan untuk membuat es jati. Daun jati yang digunakan pun hanya bagian pucuknya saja.Selain memberikan aroma khas daun jati muda, minuman es jati ini juga mengingatkan kita kembali pada kehidupan masyarakat desa yang sangat indah dan punuh kedamaian.Blora terletak di sebelah barat Kabupaten Bojonegoro, tepatya berada di Provinsi Jawa Tengah. Kota kecil kelahiran penulis Pramoedya Ananta Toer ini berhawa panas namun sejuk. Ada yang khas dari kota kecil yang terkenal dengan kayu jati dan minyaknya ini, yaitu minuman unik es jati.

Sesuai namanya, es jati, es ini terbuat dari kayu jati. Tetapi bagian kayu jati yang mana yang dimanfaatkannya? Sarwana, penjual es jati khas Blora menjelaskan, es ini terbuat dari campuran pucuk daun jati yang diberi pemanis air gula Jawa.Ternyata tidak sembarang daun jati bisa digunakan sebagai bahan campuran. Biasanya pembuat es ini memilih jati khusus.Semua tahu, daun jati memberikan rasa gatal bila tersentuh kulit. Namun dalam wujud minuman seperti es jati, yang terasa hanya nikmatnya saja. Aroma yang khas dari daun jati muda juga akan mengingatkan pada kehidupan masyarakat desa, di mana kedamaian terasa.

Minuman berwarna hijau kemerahan ini dijual seharga tiga ribu rupiah per bungkus atau per gelas. Di dalamnya terdapat irisan cincau sebagai isian es jati. Sehingga ketika diminum terasa seperti es cincau pada umumnya. Bedanya sari daun jati lebih terasa. Minuman yang sangat merakyat.Selain harganya yang merakyat, antioksidan yang terkandung di daun jati sangat bagus untuk kesehatan. “Minuman ini sudah ada lama mas, namun baru akhir-akhir ini muncul dan dijual di pasar. Biasanya penduduk pribumi menikmatinya ketika berada di hutan Jati,” imbuh Sarwana sembari meracik es jati pesanan saya.Nah, bagi Anda yang kebetulan lewat di Jawa Tengah khususnya di Kota Blora sempatkanlah mampir sekadar menikmati es jati khas Blora ini. Penjualnya banyak tersebar di sepanjang Jalan Pemuda dan Jalan Mr Iskandar, yang tak lain jalan utama kota ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close