Terkini

Festival Barongan Wujud Usaha Melestarikan Seni Budaya

Festival yang tahun ini akan diselenggarakan pada 9 November sangat dinantikan warga masayarakat.

BLORAPEDIA.ID – Gelaran seni budaya menjadi daya tarik tersendiri bag masyarakat tidak terkecuali Festival Barongan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora tiap tahun mengundang puluhan seniman barongan untuk memerihkan festival tahunan ini. Festival budaya ini sedianya akan diselenggarakan pada 9 November sangat dinantikan warga masayarakat.

Acara yang digagas oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) akan dimeriah kan dengan berbagai acara. Muali dari penampilan barongan, Pameran Barongan dan kegiatan lainnya lainnya yang dipusatkan di Alun-alun Blora. Total ada sekitar 31 grup barongan yang akan hadir mengisi acara.

Festival Barongan 2019 juga menyuguhkan parade barongan melewati beberapa jalan. Rute dimulai dari Alun-alun Blora-Jalan Pemuda-finish di Gereja Bethany. Berikutnya, Pergelaran Barongan Blora yang digelar di Stadium Seni Budaya Tirtonadi. Diikuti oleh Barongan Samin Edan (Semarang), Garapan Topeng Ireng (Boyolali), dan Barongan Risang Guntur Seto (Blora).

Kepala Dinporabudpar mengatakan ”Festival ini untuk nguri-nguri budaya Blora,Kita buat parade. Sehingga lebih meriah. Tidak hanya pameran” terangnya.

Dia menambahkan, Festival Barongan tahun ini dibuat beda dari tahun sebelumnya. Selain itu, peserta juga terpaksa dibatasi. Harapannya, masyarakat bisa menikmati dan menyaksikan suguhan barongan dalam Festival Barongan ini. Acara juga dipastikan akan menarik dan menghibur masyarakat.

”Silakan masyarakat bisa menyaksikan dan memeriahkan Festival Barongan ini,” pungkasnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close