Sejarah

Jejak Sejarah Kekejaman PKI di Blora

Peristiwa ini menjadi hal penting yang perlu diingat. Pasalnya, peristiwa pada 1948 banyak memakan korban dari warga sipil, TNI, serta para pejabat di Blora

BLORAPEDIA.ID- Apa yang ada di benak Anda jika mendengar Partai Komunis Indonesia atau PKI? Kebanyakan orang langsung teringat Kabupaten Madiun, Jawa Timur yang selama ini dianggap kandang partai tersebut.

Namun selain di kota itu, ternyata Kabupaten Blora, Jawa Tengah juga disebut-sebut dalam sejarah sebagai kandang PKI. Benarkah?

Di Dukuh Pohrendeng, Desa Tamanrejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora tersimpan sebuah cerita lama. Di sana, ada sebuah gorong-gorong menjadi saksi bisu kekejaman PKI membantai para petinggi Blora.

Peristiwa ini menjadi hal penting yang perlu diingat. Pasalnya, peristiwa pada 1948 banyak memakan korban dari warga sipil, TNI, serta para pejabat di Blora.

Untuk mengenang para petinggi Blora yang dibunuh, diketahui kini nama mereka digunakan sebagai nama jalan di Kota Blora.

Jalan Mr Iskandar berada di jalan protokol mulai dari Alun-Alun hingga Kaliwangan, Blora. Sedangkan Jalan Abu Umar berada di sebalah barat Alun-Alun sampai Simpang Tiga lapangan Bhayangkara, Blora. Jalan Gunandar berada di sebelah selatan Tugu Pancasila sampai SMP 2 Blora (Kelurahan Kedungjenar, Blora).

Selain nama-nama di atas, ada juga para pejuang lain yang dibunuh saat PKI di Blora, di antaranya adalah Kolonel Sunandar, Sumodarsono, Reksodiputro, Sudarman dan AKBP Agil Kusumodyo mereka dibunuh di lokasi yang berbeda.

Sama seperti di atas, nama mereka juga diabadikan oleh Pemkab sebagai nama jalan di Blora.

Sekadar informasi, selain gorong-gorong Pohrendeng, banyak tempat pembantaian oleh PKI di Blora, antara lain peristiwa pernah pula terjadi di Blabak Ombo dan Kecamatan Ngawen.

Persis di tikungan depan jalan masuk Kantor Kecamatan Ngawen tersebut, terdapat pula tugu yang menjadi kenangan lama bahwa di sana pernah terjadi pembantaian yang dilakukan para PKI.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close