Sejarah

Lama Tidak Beroperasi, Stasiun Blora Beralih Fungsi

Konstruksi bangunan merupakan perpaduan kayu jati berkualitas tinggi dengan konstruksi besi baja yang sangat kokoh, hingga dapat bertahan selama seratus tahun

BLORAPEDIA.ID- Stasiun Blora terletak di Kecamatan Blora, tepatnya di Jl. Pemuda yang berlokasi tepat bersebelahan dengan Sungai Lusi.

Pada mulanya jalur kereta api di sisi stasiun ini memiliki posisi yang sangat unik, karena terletak di dua persimpangan yang berbeda, yaitu dari arah Selatan – Barat dari jalur kereta Demak – Godong – Purwodadi – Wirosari – Kunduran – Ngawen – Blora, sedangkan dari utara – timur, dari arah Rembang – Mantingan – Blora – Jepon – Cepu.

Posisi strategis ini menyebabkan stasiun ini memiliki fungsi dan kelengkapan fasilitas sebagai stasiun Kabupaten. Misalnya halaman depan sebagai perpindahan dari sistem transportasi jalan baja ke sistem transportasi jalan raya atau sebaliknya. Tempat ini berupa terminal kendaraan umum, parkir kendaraan, dan bongkar muat barang.

Konstruksi bangunan merupakan perpaduan kayu jati berkualitas tinggi dengan konstruksi besi baja yang sangat kokoh, hingga dapat bertahan selama seratus tahun.

Sejak awal 1990-an, stasiun ini akhirnya tidak dioperasikan lagi, karena dianggap kalah bersaing dengan model angkutan transportasi darat lainnya yang lebih cepat dan tidak berjadwal.

Bangunan stasiun ini sekarang masih tetap kokoh berdiri dan dimanfaatkan sebagai warung makan minum dan aktifitas perdagangan lainnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close