Citizen Jurnalism

Mahasiswa KKN Unisnu Jepara Latih Jurnalistik Warga

TUMPANGKRASAK, Radar Kudus – Mahasiswa KKN Unisnu Jepara menggelar pelatihan jurnalistik di Balai Desa Tumpangkrasak, Jati, Kudus, pada Sabtu (12/8) lalu. Kegiatan ini diikuti karangtaruna, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).

Ketua panitia kegiatan Rita Selvia mengatakan, tujuan kegiatan ini memberikan keterampilan menulis berita. Pelatihan ini penting, karena diharapkan pemuda karangtaruna dan IPNU-IPPNU bisa menulis berita. Sehingga sajian berita yang dinformasikan kepada masyarakat mudah dipahami. ”Kalau tidak tahu teknik menulis berita akan susah menulisnya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tumpangkrasak Bambang Gunarjo menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada mahasiswa KKN Unisnu. Sebab, telah melatih pemuda-pemudi dengan keterampilan menulis berita. Jadi, diharapkan nanti media cyber desa bisa dikelola dengan baik.

”Setelah pelatihan ini, nanti saya minta pemuda-pemudi bisa menulis informasi destinasi wisata yang ada di desa. Sehingga Tumpangkrasak bisa dikenal masyarakat melalui media,” ungkap Bambang. ”Sekarang era sudah berubah menjadi dunia digital, maka generasi muda juga harus mengikuti perkembangan zaman,” imbuhnya.

Pelatihan ini menghadirkan pemateri Dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam Unisnu Jepara Khoirul Muslimin. Dalam paparannya, dia menyampaikan teknik menulis berita dengan dua cara, yaitu menulis berita dengan cara piramida terbalik dan rumus 5W+1H.

”Teknik ini akan memudahkan penulis berita,” terang Khoirul yang juga mantan sekretaris PW IPNU Jateng ini.

Elsa, salah satu peserta pelatihan mengatakan, kegiatan ini memberikan banyak ilmu tentang teknik menulis berita yang baik.

”Saya senang mengikuti pelatihan ini. Semoga nanti ada tindaklanjutnya,” ungkapnya.

Sumber : radarkudus.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close