Sejarah

Museum Mahameru Blora Berbagai Benda Sejarah di Dalamnya

Potensi benda arkeologi di Blora, mencakup masa prasejarah, masa klasik, masa pengaruh Islam, masa kolonial dan pascakemerdekaan

BLORAPEDIA.ID- Museum Mahameru berada di dalam kompleks Taman Rekreasi Tirtonadi. Sehingga cukup mudah dijangkau wisatawan karena cukup dekat dengan Alun-alun Blora.

Bangunan Museum Mahameru ini memiliki dua lantai dengan ratusan koleksi, dimana di lantai bagian bawah diantaranya menyimpan gerabah, lukisan dan karya seni lainnya, benda peninggalan dari jaman kolonial, dan foto lama. Ada pula bayonet bekas Tentara Jepang, serta buku primbon pasolatan.

Di lantai atas dipajang koleksi fosil binatang raksasa, fosil kerbau purba yang diperkirakan berusia antara 1 juta – 2 juta tahun, arca batu peninggalan budaya Hindu Buddha, serta keramik.

Koleksi Museum Mahameru semuanya diperoleh di daerah Blora, banyak diantaranya ditemukan oleh para penambang pasir di tepian sungai.

Museum tersebut juga menyimpan replika wayang krucil yang cukup dikeramatkan, sehingga tidak semua orang bisa melihatnya secara langsung.

Pengunjung yang ingin memperdalam pengetahuan tentang arkeologi maupun benda-benda bersejarah lainnya, bisa datang ke museum tersebut.

Bahkan, museum yang berkuran tidak terlalu luas tersebut juga memiliki koleksi pecahan keramik yang diperkirakan peninggalan zaman Dinasti Ming, sebagian peninggalan Dinasti Tsung dan Dinasti Tsing.

Berdasarkan informasi dari pengelola museum, peninggalan benda arkeologi di wilayah Blora cukup banyak jenis maupun kuantitasnya yang tersebar di berbagai daerah di Kabupaten Blora.

Potensi benda arkeologi di Blora, mencakup masa prasejarah, masa klasik, masa pengaruh Islam, masa kolonial dan pascakemerdekaan. Namun, rendahnya frekuensi penelitian di wilayah ini menyebabkan belum semua potensi dapat dieksploitasi.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close